MENGADOPSI KUCING

Sebelum memutuskan untuk membawa kucing ke rumah anda perlu mempertimbangkan apa tujuan anda memelihara kucing. Diantaranya mempertimbangkan beberapa hal sebagai berikut :

  • Apakah anda siap berbagi hidup bersama kucing dengan segala keuntungan dan kerugian yang mungkin ditimbulkan ?
  • Apakah anda siap memberikan lingkungan dan kehidupan yang layak bagi kucing sesuai dengan kebutuhannya ?
  • Apakah keluarga dan hewan lainnya di rumah anda juga siap menerima kehadian si kucing ?
  • Apakah anda memelihara kucing untuk sekadar untuk teman bermain atau untuk dibiakan atau untuk kompetisi ?
  • Siapkah anda dengan segala biaya yang harus dikeluarkan untuk memberikan makanan yang cukup baik dan untuk perlindungan kesehatan yang diperlukannya, termasuk mempunyai seorang dokter hewan kepercayaan untuk berkonsultasi dan melakukan pemeriksaaan terhadap hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan kucing ?

PERSIAPAN SEBELUM DIBAWA KE RUMAH

Sangat beresiko membawa anak kucing ras bermain bebas di luar rumah karena khawatir dicuri, mendapat kecelakaan, keracunan atau tertular berbagai macam penyakit. Memelihara kucing didalam rumah perlu mempersiapkan beberapa hal sebagai berikut :

  1. Makanan dan nutrisi yang baik.

Pilih makanan yang komposisinya baik. Sediakan selalu makanan di dalam piring makannya. Selalu sediakan makanan yang fresh, baru dihidangkan. Jangan menghidangkan makanan yang sudah terkena udara bebas selama lebih dari 8 jam. Makanan yang terlalu lama dihidanglan di piring akan terkontaminasi dengan kuman, bakteri, dll, dan penyakit yang mungkin saja ditularkan oleh lalat yang hinggap, sehingga kucing bisa tertular penyakit.

  1. Air minum yang bersih dan harus matang (Aqua lebih baik lagi). Minuman harus diganti minimal 2 kali sehari.
  2. Tempat makan dan minum yang baru, selalu dibersihkan dan dicuci setiap hari.
  3. Tempat tidur atau kandang yang steril dan rajin dibersihkan / dicuci / dijemur.
  4. Kotak pasir beserta pasirnya. Kotak pasir harus bersih, dicuci setiap hari. Jenis pasir untuk kucing ada yang sekali pakai juga ada yang bisa dipakai kembali setelah dicuci, direndam minimal 8 jam lalu dijemur samapi kering, setelah itu bisa digunakan kembali.
  5. Perlengkapan untuk grooming à Sikat, Sisir, Shampoo khusus kucing, Handuk, Cutton Buds untuk membersihkan telinga (menggunakan baby oil/ Earmite Remedy Oil)
  6. Teman untuk bermain, bisa anggota keluarga, hewan atau kucing lain.
  7. Perlengkapan bermain seperti bola, tali, undak-undakan
  8. Tempat untuk bermain, berlari, atau memanjat
  9. Sinar matahari dan sirkulasi udara harus baik. Idealnya, kucing yang dipelihara dalam sebuah ruangan, memerlukan 17 kali pergantian udara.
  10. Tempat untuk menggaruk dapat dibuat dari tali atau kayu.

MEMBAWA ANAK KUCING KE RUMAH

Pengalaman yang menyenangkan adalah ketika kita membawa seekor anak kucing ke rumah. Pemilik harus berhati-hati dan mengawasi kucingnya selama beradaptasi dengan lingkungan barunya. Adapun hal-hal yang harus diperhatikan selama proses membawa kucing sampai ke rumah adalah :

  • Untuk membawa kucing ke rumah, sebaiknya menggunakan kandang atau keranjang khusus untuk membawa kucing. Tujuannya adalah kucing merasa aman dan nyaman selama dalam perjalanan. Jika dibawa dengan cara digendong maka kucing bisa mencakar atau lari ketakutan.
  • Setibanya di rumah kucing dikurung dalam ruangan/kamar yang telah dilengkapi oleh tempat tidur, tempat makan dan minum, serta kotak pasir.
  • Jangan biarkan kucing di luar rumah karena kucing bisa lari ketakutan tanpa kendali. Biarkan kucing mengenali rumah barunya. Biasanya kucing akan mengendus-endus setiap pojokan ruangan atau bahkan mencari tempat sembunyi.
  • Selama proses adaptasi kucing akan selalu membutuhkan si pemelihara untuk bermain dan diperhatikan. Kucing boleh tidur di kamar tidur bersama pemilik barunya, agar tidak menangis sepanjang hari karena merasa asing dan sepi. Dengan perhatian yang cukup pada proses adaptasi, maka akan mendidik kucing menjadi merasa dekat dengan pemilik barunya, yang akhirnya akan menjadi kucing yang penurut terhadap pemiliknya.
  • Anak kucing yang baru dibawa jangan langsung dipertemukan dengan hewan lain. Hal ini kan menyebabkan kucing stress. Biarkan dia benar-benar merasa tenang dan aman untuk makan, minum dan menggunakan kotak pasirnya.
  • Dengan memilih anak kucing untuk dipelihara maka pemilik harus menyediakan waktunya dan kesabaran untuk mengajari mereka berbagai peraturan di rumah seperti melarang melompat meja. Mengingat anak kucing perlu teman bermain sebagai pengganti saudaranya untuk bergulat, menendang, menggigit, berlari, melompat. Tingkah laku ini normal karena merupakan salah satu cara untuk membakar sisa energi dalam tubuhnya. Perilaku ini akan berkurang sampai dengan anak kucing menginjak usia 1 tahun.
  • Melarang kucing harus dilakukan dengan hati-hati, jangan memukul. Cukup melarang dengan nada yang sungguh-sungguh. Dengan pukulan atau larangan yang kasar akan menyebabkan kucing takut, nervous dan akhirnya menjauhi pemiliknya.
  • Umumnya anak-anak sangat menyukai hewan. Namun perlu dijaga agar anak-anak tidak berlaku kasar kepada kucing karena berdampak jelek terhadap perkembangan karakter seekor kucing. Kucing bisa menjadi agresif dan mudah ketakutan. Jika keadaan ini terjadi pada kucing yang kita pelihara maka akan susah disembuhkan.
  • Kucing adalah hewan yang senang bermain. Jangan lupa untuk selalu mengajaknya bermain. Ajaklah kucing bermain-main dengan pita atau tali sehingga dia tertarik untuk merespon dan selalu mendekati pemiliknya, terutama jika kucing susah didekati.

Dalam jangka waktu 1 sampai 2 minggu biasanya kucing akan beradaptasi dengan rumah barunya. Tugas pemilik selanjutnya adalah merawat dan membuat kucing sehat dan bahagia di rumahnya sendiri.

GROOMING (PERAWATAN BULU)

1. Memandikan kucing

Pemilik harus menyediakan waktu untuk memandikan kucingnya. Perawatan bulu pada kucing persia membutuhkan waktu setiap harinya. Meraweat bulu kucing persia bisa menggunakan sisir atau sikat khusus kucing yang bisa dibeli di petshop. Gunakanlah Shampoo khusus kucing. Jangan menggunakan shampoo untuk manusia karena akan merusak tekstur bulu dan kelenjar pada kulit kucing.

Untuk memandikan kucing gunakanlah air hangat, jangan menggunakan air dingin karena akan mengakibatkan kucing sakit terutama untuk kucing persia. Memandikan kucing dimulai dengan menyiramnya dari bahu ke seluruh tubuh kecuali muka dan telinga cukup dielap saja. Pada saat memandikan kucing, sebaiknya telinga kucing ditutup dulu dengan kapas supaya air tidak masuk kie dalam liang telinga. Air yang masuk ke dalam telinga kucing akan mengakibatkan terjadinya infeksi di telinga kucing sehingga harus diobati, jika tidak akan berakibat fatal pada kesehatannya.

Ketika mandi, muka kucing jangan dihadapkan pada muka kita supaya tidak mencakar jika merasa takut. Pegang bahunya secara hati-hati tapi jangan sampai mencengkram lehernya. Pembilasan harus sampai bersih karena sanpoo yang tertinggal di bulu akan berbahaya jika dijilati oleh kucing. Keringkan kucing dengan handuk besar yang bersih. Setelah itu kucing bisa dijemur sebentar, max 10menit, baru keringkan dengan menggunakan hair dryer.

2. Pembersihan Telinga dan kuku

Telinga kucing perlu dibersihkan secara berkala. Gunakan cutton bud yang telah ditetesi sedikit mineral oil/ear mite remedy. Tapi jangan mengorek telinga terlalu dalam karena bisa mengakibatkan telinganya infeksi.

Kuku rutin dipotong sedikit saja, karena kucing memiliki kebiasaan mengasah kukunya ke sofa, karpet,dll.

PERAWATAN KESEHATAN

Perawatan terhadap Kutu dan Cacing

Jika kucing berkutu, segeralah berikan obta kutu karena kutu hidup sebagai parasit dalam tubuh kucing yang bisa mengakibatkan bulu rontok,kusam,dll. Obat kutu kucing bisa diebli di dokter hewan atau di petshop. Obat cacing harus diebrikan secara rutin setiap 2-3 bulan. Obat cacing kucing berbeda dengan obat cacing manusia, bisa didapat di dokter hewan/petshop.

VAksinasi

Vaksinasi bisa diulang sertiap tahunnya, untuk terhiondar dari beberapa penyakit berbahaya yang mematikan.

GEJALA KUCING SAKIT

  1. Diare
  2. Sulit buang air besar/kecil
  3. Warna air kencing tidak normal
  4. Keluar cairan dari hidung, mata atau vulva
  5. Suhu tubuh hangat
  6. perubahan jumlah konsumsi makan atau minum
  7. Bulu rontok
  8. Mengeluarkan air liur
  9. Berhenti grooming sendiri
  10. Berat badan turun
  11. Perut bengkak
  12. Susah berjalan
  13. Sering muntah
  14. Posisi tubuh tidak normal
  15. perubahan tingkah laku, jadi pendiam,menyendiri

5 thoughts on “MENGADOPSI KUCING

  1. @roy : terima kasih atas kunjungannya di millygallery.wordpress.com
    Informasi apakah yang anda butuhkan? mudah mudahan dapat membantu

  2. wuah makasih banyak ya infonya
    membantu banget
    yg aku bingung kalo kucing malam2 ngeong2 knapa?
    sama sbaiknya dikurung dikandang atu dibebasin?
    makasih sebelumna

  3. Bulu kucing saya (umur 2 tahun, persia madium) rontok pada bagian ekor, kutu spertinya tidak ada. Kemungkinan karena apa ya dan sebaiknya apa yang harus saya lakukan?
    Rutin grooming tiap minggu. Menu makan Royal Canin P-30.

  4. Teman2 ada solusi tidak jika kutu kucing mengigit
    Tubuh kita dan menyebabkan bentolan merah terasa gatal
    Saya mengalaminya sudah lebih kurang 2 minggu
    Saya telah mencoba mandi air Sulfur dan mentimun
    Tapi tidak bisa juga.
    Teman2 ada solusi?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s