Cymric

Cymric

Sejarah
Cymric adalah versi bulu panjang dari ras Manx. Cymric dan Manx  berasal dari pulau kecil yang berada di laut antara Inggris dan Irlandia. Banyak orang menduga Cymric merupakan persilangan antara Manx dengan Persia yang terjadi sekitar tahun 30-40 an. Sementara itu banyak juga yang berpendapat bahwa Cymric bukan merupakan hasil persilangan.

Perkembangan Cymric dimulai pada tahun 1960. Dua orang peternak kucing bernama Blair Wright (Kanada) dan Leslie Falteisek (Amerika) memutuskan untuk mengembangbiakkan kucing manx yang berbulu panjang. Mereka juga yang kemudian menyempurnakan standar dan sifat-sifat genetik Cymric.

Awalnya ras ini bernama Longhaired Manx, kemudian diubah menjadi Cymric sekitar tahun 1989-1990. Cymric (dibaca kim rik atau kum rik) sendiri sebenarnya berarti wales (Inggris).

Cymric

Karakteristik
Bentuk dan anatomi Cymric identik dengan Manx, kecuali panjang bulunya. Menurut beberapa sumber, Cymric mirip dengan anjing, suka menggeram terhadap gangguan yang tidak disukainya. Cymric juga suka megikuti dan mengelilingi pemiliknya. Hal menarik lainnya, yaitu ketertarikan kucing ini terhadap benda yang bersinar. Jadi hati-hati dengan perhiasan anda !.

Cymric

Cymric

Cymric